Langsung ke konten utama
MERANCANG ALGORITMA YANG BAIK
Merancang Algoritma yang Baik
Menurut Donald E. Knuth, dari pengertian algoritma diatas dapat
diketahui bahwa sebuah algoritma yang baik yaitu algoritma yang
mempunyai kriteria sebagai berikut :
- Masukan (Input)
Algoritma mempunyai input 0 (nol) atau lebih
- Keluaran (Output)
Algoritma harus menghasilkan atau mengeluarkan minimal 1 output.
- Terbatas (Finite)
Algoritma harus berhenti setelah melakukan langkah-langkah yang diperlukan.
- Pasti (Definite)
Algoritma harus jelas kapan dimulai dan berakhir. Tujuan dari algoritma
harus jelas. Setiap langkah-langkah harus dijelaskan dengan jelas.
- Efisien
Membuat sebuah algoritma haruslah efisien. Adanya langkah seperti
mencari hasil 1 + 0 tidak efisien. Hal ini karena bilangan apapun itu
jika ditambah dengan nol maka hasilnya ialah bilangan itu sendiri.
Sehingga adanya langkah seperti itu tidak perlu dimasukkan ke dalam
sebuah algoritma.
Algoritma dapat disajikan ke dalam 2 bentuk, yaitu bentuk tulisan atau
bahasa dan bentuk gambar. Penyajian algoritma dalam bentuk bahasa
atau tulisan harus memakai sebuah bahasa yang dapat untuk dimengerti
manusia dalam membuat langkah-langkah dari algoritma itu sendiri.
Penyajian algoritma dalam bentuk tulisan/bahasa dapat dilakukan dengan
memakai pseudocode. Pseudocode berasal dari "pseudo" aritnya "menyerupai
atau mirip" dan "code" yaitu "kode program". Contoh dari beberapa
bahasa pemrograman yang sering digunakan untuk menyatakan pseudocode
antara lain : pascal, BASIC, Pascal, C, dan lain sebagainya. Terdapat
juga penyajian algoritma yang dalam bentuk gambar disebut flow chart.
Komentar
Posting Komentar