MEMBUAT EBOOK DENGAN PERANGKAT LUNAK EBOOK EDITOR



MEMBUAT EBOOK DENGAN PERANGKAT LUNAK EBOOK EDITOR

Buku digital biasa disebut dengan e-book atau buku elektronik. Buku digital adalah buku publikasi dalam bentuk digital/elektronik, yang terdiri dari teks, gambar, video yang dapat dibaca pada komputer atau perangkat elektronik portable lainnya (tablet komputer dan smartphone) dengan menggunakan aplikasi e-book reader (contoh : Amazon Kindle, Barnes & Noble Nook , Kobo eReader , dan Sony Reader). Kadang-kadang buku digital didefinisikan sebagai sebuah versi elektronik dari buku cetak.
Keuntungan adanya buku digital

  1. Untuk melestarikan literatur dalam bentuk buku yang banyak jumlahnya.
  2. Tidak dapat rusak, karena data disimpan dalam bentuk file .
  3. Mengurangi biaya perawatan yang mahal.
  4. Proses publikasi murah dan mudah untuk disebar luaskan karena bisa melalui media website, email atau kelas maya.
  5. Memiliki sifat portable, karena bisa dibaca menggunakan perangkat elektronik portable (tablet komputer, smartphone).
  6. Tidak memakan tempat, karena disimpan dalam bentuk file, tidak seperti model buku konvensional yang harus dicetak pada sebuah media kertaas.
  7. Situs ebook saat ini memiliki fasilitas untuk menerjemahkan buku dalam berbagai bahasa.
  8. Membatasi penyalinan dan distribusi karya, menjual atau menggunakan teks dalam domain publik secara bebas dengan menggunakan proteksi keamanan lisensi “click-wrap“.
Berbagai macam format buku digital/buku elektronik yang dibuat oleh penulis dan penerbit memiliki banyak format. Setiap format memiliki kelebihan dan kekurangan.

Perangkat pembaca Format e-book
Amazon Kindlesdan Kindle Fire tablets AZW, AZW3, PDF, TXT, non-DRM MOBI, PRC
Nook Simple Touch, Nook Tablet EPUB, PDF
Apple iPad EPUB, IBA (Multitouch books made via iBooks Author), PDF
Sony ReaderPRS-350, PRS-650, PRS-950 EPUB, PDF, TXT, RTF, DOC, BBeB
Kobo eReader, Kobo TouchKobo Arc EPUB, PDF, TXT, RTF, HTML, CBR (comic), CBZ (comic)
PocketBook Reader, PocketBook Touch EPUB DRM, EPUB, PDF DRM, PDF, FB2, FB2.ZIP, TXT, DJVU, HTM, HTML, DOC, DOCX, RTF, CHM, TCR, PRC (MOBI)

Sumber http://en.wikipedia.org/wiki/E-book
.azw, adalah file yang dikembangkan oleh Amazon yang digunakan untuk pembaca buku Kindle (Kindle e-book )
.azw3, adalah Format Kindle 8 atau disebut dengan KF8 merupakakn versi baru AZW​​. format ini mendukung HTML5 dan CSS3 yang tidak didukung melalui format AZW standar.
.pdf, adalah format file yang dikembangkan oleh Adobe Systems untuk mewakili dokumen dengan cara yang terpisah dari sistem operasi yang asli, aplikasi atau perangkat keras di mana awalnya diciptakan. Sebuah file PDF dapat berisi sejumlah font dan gambar dan dirancang untuk memungkinkan siap cetak.
.mobi, adalah jenis file untuk format e-book yang dibuat oleh sebuah perusahaan e-book Perancis yaitu Mobipocket yang menciptakan aplikasi perangkat lunak bebas untuk beberapa perangkat seperti PDA, smartphone dan perangkat tablet. Perusahaan ini dibeli oleh Amazon pada tahun 2005 dan dukungan ekstensi file Mobi secara resmi dihentikan pada tahun 2011 dengan format AZW menggantikan itu.
.prc, adalah jenis file  format e-book yang dibuat oleh sebuah perusahaan e-book Perancis disebut Mobipocket yang menciptakan aplikasi perangkat lunak bebas untuk beberapa perangkat seperti PDA, smartphone dan perangkat tablet. Perpanjangan RRC sebenarnya identik dengan Mobi ekstensi tapi digunakan khusus untuk perangkat Palm yang hanya mendukung ekstensi RRC atau PDB .
.epub, adalah file  format open source yang dikembangkan oleh International Digital Publishing Forum (IDPF). Berdasarkan XHTML, XML dan CSS bekerja dengan baik dengan sejumlah aplikasi perangkat lunak. Meskipun demikian, ada seperangkat aturan yang harus ditaati saat membuat file EPUB. Format ini memungkinkan perlindungan DRM yang akan ditambahkan ke file.
.rtf, adalah Rich Text Format (RTF) yaitu format file yang memungkinkan anda untuk menulis file teks, simpan pada satu sistem operasi dan kemudian memiliki kemampuan untuk dibuka. Kelemahan format ini adalah kita tidak dapat menambahkan file gambar di dalam dokumen. Anda dapat membuat file dengan menggunakan Microsoft Word di Windows, menyimpannya sebagai file RTF (itu akan memiliki nama file dengan akhiran .rtf) file ini dapat di buka  dengan WordPerfect 6,0 atau aplikasi teks editor pada setiap versi Windows’.
.doc, adalah kepanjangan dari dokumen, merupakan ekstensi file untuk dokumen pengolah kata; hal ini terkait dengan Microsoft dan aplikasi Microsoft Word. Secara historis, itu digunakan untuk dokumentasi dalam format teks biasa, khususnya program atau perangkat keras komputer, pada berbagai sistem operasi. Hampir semua orang akan menggunakan format file doc, setiap kali anda menulis dokumen pada PC anda.
.docx, diperkenalkan pada Microsoft Word 2007, hal ini didasarkan pada open XML dengan menggunakan kompresi ZIP untuk ukuran file yang lebih kecil. Manfaat dari open XML adalah bahwa file itu dapat dibaca oleh aplikasi dengan platform internet.
.html, sebuah halaman web saat ini dibentuk dari sebuah bahasa HTML, halaman ini ditampilkan menggunakan sebuah browser seperti Safari, Internet Explorer atau Mozilla Firefox. Dengan menggunakan bahasa HTML, kita dapat menggambarkan struktur informasi berbasis teks dalam dokumen dengan menunjukkan teks tertentu sebagai judul, paragraf, link dll dan dilengkapi dengan teks bentuk interaktif, gambar, dan objek lainnya. Kode sumber HTML digunakan oleh browser Web dan biasanya tidak terlihat oleh pengguna. HTML mentah dapat dilihat dengan memilih View Sourcedari browser Web.
.cbr, adalah sebuah file terkompresi yang memungkinkan serangkaian gambar buku komik untuk disimpan. Gambar-gambar ini dapat masukkan dan diformat sehingga bisa ditampilkan secara berdampingan.
.DjVudikembangkan oleh AT & T dan digunakan sebagai teknologikompresi gambar yang merupakan alternatif open source ke PDFHal ini memungkinkan untuk dokumen yang dipindai, foto, dan gambar dengan resolusi sangat tinggi untuk didistribusikan melalui internet. Plugin DjVu umumnya terdapat pada browser,  Mac dan Windows.
.tcr, jenis file ini dikembangkan oleh Psion untuk digunakan pada perangkat Palmtop Seri 3. File inidikembangkan pada tahun 1990-anFormat ini ditujukan untuk perangkat pembaca e-book tertentu yangakan menampilkan file .tcrFormat file ini sudah usang menyusulpenghentian perangkat Palmtop.
.prcJenis file ini adalah format e-book yang dibuat oleh sebuah perusahaan e-book Perancis disebut Mobipocket yang menciptakan sebuah aplikasi perangkat lunak bebas untuk beberapa perangkattermasuk PDAsmartphone dan perangkat tabletUntuk selanjutnya file berekstensi .prc ini identik dengan Mobi ekstensi tapi digunakankhusus untuk perangkat Palm yang hanya mendukung .prc atauekstensi PDB .
.xml, tujuan umum bahasa markup untuk pertukaran data. Dalam konteks eBook umumnya terbatas pada XHTML dan RSS feed meskipun beberapa format lain sudah ditetapkan.
a. Fungsi
– Sebagai salah satu alternatif media belajar
Buku digital dapat memuat konten multimedia di dalamnya sehingga dapat menyajikan bahan ajar yang lebih menarik dan membuat pembelajaran
jadi lebih menyenangkan.
– Sebagai media berbagi informasi.
Buku digital dapat disebarluaskan secara lebih mudah, baik melalui media seperti website, kelas maya, email dan media digital lainnya. Seseorang dengan mudah dapat menjadi pengarang serta penerbit dari buku yang dibuatnya sendiri.
b. Tujuan
Ada beberapa tujuan pengembangan buku digital:
– Memberikan kesempatan bagi pembuat konten untuk lebih mudah berbagi informasi,
dengan cara yang lebih menarik dan interaktif. Dengan membuat konten dalam bentuk digital, pengarang tidak perlu mendatangi penerbit untuk menerbitkan bukunya. Ia cukup berkunjung ke salah satu laman toko buku daring dan mendistribusikan bukunya secara mandiri.
– Melindungi informasi yang disampaikan.
Berbeda dengan buku fisik yang dapat rusak, basah, ataupun hilang, buku digital yang berupa data di komputer terlindungi dari masalah-masalah tersebut. Andaikata data tersebut hilang, pengguna dapat dengan mudah mencari penggantinya baik dari internet maupun meminta kembali pada pembuat buku.
– Mempermudah proses memahami materi ajar
Dalam buku digital, Guru dapat memberikan catatan tertentu pada materi, mencari kata atau kalimat tertentu dalam materi, menampilkan file multimedia yang dapat diputar untuk memperkaya konten buku. Hal tersebut sangat membantu siswa memahami materi ajar dengan lebih baik dan lebih cepat.
D. Inilah semua yang harus anda persiapkan untuk membuat E-book:
1. Microsoft Word (PC), Pages (Mac), Google Docs (Web), atau software pembuat dokumen lainnya. Wajib, karena kita akan menulis di sini.
2. PowerPoint atau Adobe InDesign. Tidak wajib kalau anda lebih suka di Word. Tapi
mendesain ebook yang indah sebetulnya lebih mudah di PowerPoint atau InDesign.
3. Evernote atau OneNote. Tidak wajib, bisa digunakan untuk membuat kerangka isi ebook dan mencatat hal-hal yang anda rasa penting. Keduanya gratis.
4. Adobe Acrobat. Tidak wajib, digunakan untuk mengecilkan ukuran PDF.
Untuk panduan ini, saya akan menggunakan Microsoft Word.
Mari kita mulai.
Tahap 1: Membuat kerangka isi ebook
Ebook itu isinya lebih tebal daripada sekedar artikel. Biasanya ribuan kata, bahkan bisa sampai sepuluh ribu kalau topiknya dalam.
Kalau anda belum pernah menulis panjang, bakal bingung.
Bisa jadi urutannya terbalik, bingung setelah ini membahas apa, atau malah setelah hampir selesai anda merasa semuanya perlu ditulis ulang. Untuk itulah kita butuh kerangka ini. Tidak sulit bayangkan seperti daftar isi yang biasanya anda lihat di buku. Isinya berupa topik-topik yang dibahas di dalam ebook anda, beserta subtopiknya untuk masing masing topik.

Tahap 2: Mengatur layout dan tipografi di Microsoft Word
Sewaktu di sekolah sampai kuliah, kita biasanya hanya menggunakan desain standar dari Word. Sekarang tidak bisa seperti itu.
Kita ingin supaya ebook yang kita buat berbeda dan lebih indah daripada yang lain. Karena itu, ada beberapa yang perlu kita atur di awal.
Beberapa prinsip dasar mengenai tipografi:
1. Gunakan ukuran font yang lebih besar daripada standarnya, supaya lebih mudah dibaca
(18-22pt untuk paragraf biasa)
2. Jangan gunakan font yang terlalu umum seperti Times New Roman, Verdana, Tahoma, atau Arial
3. Gunakan maksimal 3 jenis font, untuk judul/subjudul, paragraf, dan keperluan khusus lainnya
4. Gunakan maksimal 3 warna, untuk judul/subjudul, paragraf (biasanya putih dan/atau hitam), dan hyperlink
5. Aturan nomor 3 & 4 bisa dilanggar kalau memang diperlukan
6. Biasakan menggunakan formatting style yang ada di Word, Pages, atau Google Docs
Ini beberapa website yang bermanfaat seputar font:
 FontSquirrel: mencari font gratis
 TypeGenius: mencari ide kombinasi font yang bagus
 ColorHunt: mencari kombinasi warna yang bagus
 HEX to RGB: supaya kombinasi warna dari ColorHunt bisa digunakan di Microsoft Word
Ini contoh formatting style untuk salah satu ebook:

8422.Save-selection-as-new-quick-style
(Caranya klik kanan di tiap style lalu pilih Modify)
Dengan membuat formatting style seperti ini, anda tidak perlu lagi mengedit satu per satu untuk setiap judul/sub-judul dan paragraf. Tinggal klik di menu.
Setelah itu, ukuran kertas juga bisa anda ganti sesuai kebutuhan.
Tahap 3: Menulis isi ebook
Ini tahapan utamanya.
Menulis isi ebook biasanya memakan waktu paling lama dibanding tahapan lain, kecuali kalau PDF anda cuma 1-2 lembar.
Kalau ebook anda isinya panjang, permasalahan terbesarnya adalah bagaimana supaya pembaca tidak bosan di tengah jalan.
Ini beberapa tip:
1. Gunakan subjudul (header 2 & 3) supaya paragraf tidak bertumpuk-tumpuk
2. Gunakan list untuk menjelaskan lebih dari satu poin, seperti yang sedang anda baca sekarang ini
3. Hindari paragraf yang terlalu panjang
4. Gunakan gambar yang bisa membantu penjelasan. Ini wajib. Tulisan panjang tanpa gambar pasti membosankan. Gunakan kreativitas di sini, lihat beberapa contoh ebook yang menurut anda bagus. Lalu tiru
caranya.
Tahap 4: Membuat halaman call to action
Karena ebook ini merupakan bagian dari strategi pemasaran, pasti kita ingin supaya pembaca melakukan sesuatu setelah mereka selesai membaca.
Misalnya membeli produk, mengunjungi website, membaca artikel lain, atau membantu menyebarkan ebook tersebut kepada orang lain.
Untuk itulah kita butuh 1 halaman khusus ini.
Biasanya halaman CTA ini ditaruh di paling akhir. Bisa dipisah sendiri atau digabung bersama ucapan terima kasih, profil penulis, dan penutup.
Tapi bisa juga ditempatkan di awal kalau memang sangat penting.
Tahap 5: Membuat halaman sampul
Tanpa sampul, bukan buku namanya…ya nggak?
Maka dari itu halaman ini wajib ada supaya dokumen anda resmi jadi sebuah buku.
Ada 3 alternatif cara membuat sampul.
Pertama, desain langsung di dalam Microsoft Word. Untuk desain sampul yang sederhana, cara ini lebih mudah.
Kedua, kalau lebih rumit, anda bisa buat desain di Photoshop. Kemudian gambarnya
dimasukkan ke Word anda. Ketiga, bayar orang lain untuk mendesain sampul.
Ini beberapa contoh sampul ebook untuk inspirasi. Kalau anda butuh gambar atau icon, cari di sini:
StockSnap.io
 Pixabay
 IconFinder
Setelah tahap ini selesai, anda bisa menyimpan file dokumen anda menjadi PDF.

Tahap 6: Membuat mock-up buku
Tahapan ini tidak wajib, tapi ebook anda akan jadi lebih menarik kalau anda membuat mock-up.

Komentar

Postingan Populer