MENGANALISIS FITUR YANG TEPAT UNTUK PEMBUATAN SLIDE

Macam Macam Software Presentasi
1. Microsoft Power Point
Tentunya software ini bukanlah sesuatu yang asing bagi anda pengguna komputer atau laptop. Power point merupakan fitur yang paling banyak digunakan user. Hal ini dikarenakan kelengkapan fitur didalamnya dan cara menggunakan software ini terbilang mudah. Power point dikembangkan oleh Microsoft dan sudah mencapai versi 2010.

2. Impress – LibreOffice
Software presentasi ini merupakan paket dari libreoffice. Seperti halnya dengan power point, Impress dapat menampilkan presentasi dan cara membuatnya yang sangat mudah dan efektif. Software ini menciptakan editing yang fleksibel dan berbeda. Modus dari impress adalah normal, garis besar, handout, sorter slide, notes dan masih banyak lainnya. Impress juga dapat menambahkan gambar pada presentasi agar menjadi lebih menarik dan komunikatif.

Selain itu, anda juga dapat menambahkan efek, slide show, serta animasi sesuai dengan kebutuhan presentasi anda. Impress juga dibekali dengan fitur jenis dan hanya huruf yang beragam sehingga dapat memodifikasi penampilan presentasi anda. Impress dapat digunakan  di segala sistem operasi bahkan smartphone dengan basis android.

Untuk sistem requirements Impress antara lain adalah:

  • Minimal RAM 512 Mb
  • Space pada hardisk 2 Gb
  • Resolusi layar yang digunakan 1024×768



3. Prezi
Prezi merupakan software presentasi dalam bentuk kanvas virtual yang disebut boar dalam dunia nyata. Aplikasi ini sangat mendukung untuk menambahkan komponen-komponen pada presentasi seperti gamabr, video, pengaturan ZOOM, ataupun menambahkan navigasi 2D dan 3D. Zoom digunakan untuk melihat presentasi dengan jelas sedangkan penambahan navigasi ditujukan untuk memudahkan pengendalian materi saat anda sedang melakukan presentasi.


Teknologi terbaru dari prezi bahkan mampu digunakan pada browser, komputer, iPad, dan iPhone. Selain itu, prezijuga menyediakan fitur untuk mempermudah anda membagikan presentasi dalam berbagai media seperti pdf, ppt, jpg, dan format lainnya. Prezi juga memberikan kemudahan bagi anda yang tidak memiliki banyak waktu dalam membuat slide presentasi karena menyediakan template didalamnya.

Manfaat aplikasi presentasi
1. Gambar yang diproyeksikan secra jelas akan lebuh menarik perhatian.



2. Isi gambar berurutan dapat dilihat berulang-ulang serta dapat diputar kembali.


3. pemakaian tidak terikat waktu dapat digunakan secara klasikal maupun individual, sangat praktis dan menyenangkan, relatif murah dan dapat digunakan berulang-ulang



Fitur umum yang sering digunakan pada perangkat lunak presentasi


Beberapa fitur dan kemampuan yang dimiliki oleh Microsoft PowerPoint adalah sebagai berikut:


  1. Fasilitas undo dan redo.
  2. Menampilkan struktur presentasi.
  3. Mengirimkan file presentasi ke Word untuk diedit sebagai handout presentasi.
  4. Menambahkan header dan footer ke slide presentasi.
  5. Membuat presentasi dengan menggunakan wizard dan template. Anda dapat membuat presentasi secara mudah dengan memanfaatkan pengaturan yang sudah dibuat oleh PowerPoint.
  6. Menambahkan isi presentasi dengan menggunakan teks dan tabel.
  7. Menggunakan task pane untuk membuat presentasi baru, mencari dokumen, menggunakan desain template, layout, serta menambahkan efek transisi dan animasi.
  8. Memformat presentasi dengan mengatur Color Schemes, Background,dan Template.
  9. Menampilkan presentasi menggunakan layar komputer, proyektor, atau melalui web.
  10. Membuat dan mencetak catatan dan handout untuk pembicara dan pendengar.
  11. Menggunakan grafik, gambar, ClipArt, dan berbagai bentuk objek lainnya.
  12. Menambahkan multimedia yang disertai suara, video, dan animasi ke dalam presentasi.
  13. Mengemas slide presentasi ke CD sehinnga dapat dijalankan otomatis di tempat lain.
  14. Menggunakan fitur webuntuk membuat online broadcast, diskusi web, rapat online, web script, dan halaman web yang lengkap.



Slide yang sesuai dengan pesan yang akan di sampaikan



Memilih latar belakang (background): Kita dapat memilih tampilan latar belakang default untuk slide yang akan kita buat dengan memakai template atau dengan men-setting sendiri tampilan background yang diinginkan. Penting untuk diperhatikan: Background yang dipilih sebaiknya merupakan warna solid dan punya tingkat kontras yang tinggi dengan warna font yang digunakan . Hindari menggunakan background dengan banyak gradasi warna atau background berwarna terlalu cerah.

Isi slide : Isi slide yang kita buat harus memiliki kesan yang “menonjol”. Hindari mengisi slide dengan kalimat-kalimat panjang. Isi slide dengan ide pokok/ poin-poin penting dari hal yang ingin disampaikan. Ingat: usahakan satu slide hanya diisi dengan satu ide. Tujuannya agar audiens mengingat dengan baik hal penting yang disampaikan.


  • Memvisualisasikan isi dengan gambar: Perlu diingat sebagian besar audiens akan lebih tertarik pada gambar daripada tulisan. Oleh karena itu, dalam slide gunakan gambar atau diagram. Selain menarik, juga untuk meningkatkan pemahaman audiens.

  • Tidak terlalu banyak gambar & penggunaan font (jenis huruf) yang tepat serta mudah terbaca.

  • Meletakkan unsur-unsur slide (teks dan gambar) pada posisi yang tepat. Atur teks atau gambar pada posisi yang mudah dilihat dan tertata.

Komentar

Postingan Populer