MENERAPKAN LOGIKA DAN ALGORITMA KOMPUTER

1. Logika

Manusia adalah mahluk paling mulia sebab dianugerahi berbagai kelebihan yang tidak diberikan kepada semua mahluk selain manusia. Salah satu kelebihan tersebut karena manusia diberikan akal pikiran sehingga dapat memilih hal yang benar dan bermanfaat, serta meninggalkan yang tidak bermanfaat (mudarat).

Manusia merupakan makhluk yang mampu berpikir dan bernalar dengan baik. Sebagai makhluk yang berpikir, manusia memiliki dua ciri yang melekat, yaitu rasionalitas dan moralitas. Rasionalitas akan menuntun manusia untuk bertindak menurut pikiran dengan pertimbangan yang logis.

Logika berasal dari kata λόγος (logos) yang bermakna hasil nalar yang diutarakan dalam kata dan dinyatakan dalam bahasa. Logika merupakan salah satu cabang ilmu filsafat. Cabang filsafat yang lain adalah epistemologi, etika, dan estetika.

Dalam pembahasan ini, logika tidak dijelaskan secara rinci, hanya digunakan untuk mempelajari bernalar sebagai kecakapan hidup, berpikir secara lurus, tepat, runtut, dan teratur, yang merupakan penerapan logika dalam kehidupan keseharian. Logika merupakan materi yang dipelajari sampai kapan pun bahkan ketika manusia menciptakan kecerdasan buatan (artificial intelligence).

Beberapa manfaat yang akan didapatkan setelah mempelajari logika antara lain sebagai berikut.:
  • Menjaga supaya kita selalu berpikir benar menggunakan asas-asas sistematis.
  • Membuat daya pikir menjadi lebih tajam dan menjadikannya lebih berkembang.
  • Membuat setiap orang berpikir cermat, objektif, dan efektif dalam berkomunikasi.
  • Meningkatkan cinta kebenaran dan menghindari kesesatan bernalar.

2. Algoritma

Setelah mempelajari logika yang terkait tentang “bagaimana manusia berpikir dengan benar”, selanjutnya akan membahas tentang “bagaimana cara penyelesaian yang baik”. Untuk mendapatkan cara penyelesaian yang baik, dibutuhkan strategi atau langkah-langkah yang sistematis agar dapat memecahkan masalah dengan cara terbaik.
Contoh:
Koko adalah Penikmat kopi, setiap hari pagi hari dia membuat kopi. dengan langkah-langkah sebagai berikut :
  1. Siapkan air, panci, cangkir, kopi, dan juga gula.
  2. Nyalahkan kompor.
  3. Masukan air kedalam panci.
  4. Rebus air hingga mendidih.
  5. Setelah air mendidih masukan kopi dan gula kedalam cangkir.
  6. Masukan air mendidih kedalam cangkir
  7. Aduk kopi hingga merata dengan gula
  8. Secangkir kopi siap untuk disajikan
  9. Selesai

Contoh di atas merupakan penyelesaian masalah dengan mengggunakan langkah-langkah penyelesaian masalah yang dinamakan algoritma. Algoritma adalah serangkaian langkah yang disusun menjadi urutan logis kegiatan untuk mencapai tujuan.

Komentar

Postingan Populer